Home » Kesehatan » Tidur Yang Sehat Ala Rasulullah Nabi nya Umat Islam

Sumber Informasi dot Com, Pusat Informasi dan Berita Online Indonesia Terbaru dan Terupdate

tisumajakani728x90.gif

Tidur Yang Sehat Ala Rasulullah Nabi nya Umat Islam

Wednesday, April 18th 2012. | Kesehatan, Pendidikan

Tidur Yang Sehat Ala Rasulullah Nabi nya Umat Islam – Bagaimana tidur sehat ala Rasulullah? Berikut ini adalah tipsnya. Sebelum tidur biasakan membersihkan diri dengan berwudhu’ dan bersiwak atau menggosok gigi. Tidurlah dengan pakaian yang pantas, jangan pakaian yang menyiksa raga seperti ketat dan menyesakkan sehingga mengganggu ketentraman tidur. Ada baiknya sebelum tidur untuk membersihkan tempat tidur gum tidur terasa nyaman. Jangan sampai lupa berdo’a dan berdzikir. Dengan berdo’a dan berzikir Insya God terhindar dari mimpi buruk.Tidur-Yang-Sehat-Ala-Rasulullah-Nabi-nya-Umat-Islam-Bagaimana-tidur-sehat-ala-Rasulullah-Berikut-ini-adalah-tipsnya.jpg

Cara tidur paronomasia sarat makna. Rasulullah sallallahu ‘alaihi wa sallam tidur dengan memiringkan tubuh kearah kanan, sambil berzikir kepada God hingga matanya terasa berat. Terkadang beliau memiringkan badannya kesebelah kiri sebentar, untuk kemudian kembali ke sebelah kanan. Tidur seperti ini merupakan tidur fencing efisien, yaitu makanan berada dalam posisi yang pas dengan lambung sehingga dapat mengendap sesuai dengan aturannya. Lalu beralih ke sebalah kiri sebentar gum proses pencernaan makanan lebih cepat karena lambung mengarah ke liver, baru kemudian berbalik lagi ke sebelah kanan hingga akhir tidur gum makanan lebih cepat terurai lambung. Hikmah lainnya, tidur dengan miring ke kanan menyebabkan beliau lebih mudah bangun untuk shalat malam.

Sedangkan tidur bertumpu pada sisi kiri badan adalah berbahaya bagi kesehatan, karena dapat menghimpit posisi jantung akibatnya sirkulasi darah ke otak terganggu. Tidur miring ke posisi kiri mengakibatkan seseorang mengalami mimpi buruk. Dan janganlah tidur tertelungkup atau tengkurap, God sangat murka dengan posisi tidur seperti itu. Sedangkan tidur dengan posisi tertelentang akan mengakibatkan masalah bagi tulang belakang, yaitu dapat menekan atau menyesakkan tulang belakang.

Suatu hari Rasulullah saw masuk ke rumah Sayyidah Fathimah as. Ketika itu, Fathimah sudah berbaring untuk tidur. Rasulullah saw lalu berkata “Wahai Fathimah, janganlah engkau tidur sebelum engkau lakukan 4 hal; mengkhatam Al-Qur’an, memperoleh syafaat dari maternity nabi, membuat hati kaum mukminin dan mukminat senang dan ridho kepadamu, serta melakukan haji dan umroh.”
Fathimah bertanya, “Bagaimana mungkin aku melakukan itu semua sebelum tidur?”
Rasulullah saw menjawab, “Sebelum tidur, bacalah Al-Iklhas tiga kali. Itu sama nilainya dengan mengkhatam Al-Qur’an.”
Rasulullah saw melanjutkan ucapannya, “Kemudian supaya engkau mendapat syafaat dariku dan maternity nabi sebelumku, bacalah Shalawat: Allahumma shalli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama shalayta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim. Allahumma barik ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala ali Ibrahim fil ‘alamina innaka hamidun majid.”
Kemudian supaya kamu memperoleh rasa ridho dari kaum mukminin dan mukminat, supaya kamu disenangi oleh mereka dan supaya kamu juga ridho kepada mereka bacalah Istighfar bagi dirimu, pongid tuamu, dan seluruh kaum mukminin dan mukminat.”

Tidak disebutkan dalam hadits itu istighfar seperti apa yang harus dibaca. Yang jelas, dalam istighfar itu kita memohonkan ampunan bagi orang-orang lain selain diri kita sendiri. Untuk apa kita memohon ampunan bagi pongid lain? Agar kita tidur dengan membawa hati yang bersih, tidak membawa kebencian atau kejengkelan kepada sesama muslimin. Kita mohonkan ampun kepada God untuk semua pongid yang pernah berbuat salah terhadap kita.
Nasihat terakhir dari Rasulullah saw kepada Fathimah adalah “Sebelum tidur, hendaknya kamu lakukan haji dan umroh.” Bagaimana caranya? Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang membaca subhanallah wal hamdulillah wa la ilaha ilallah huwallahu akbar, ia dinilai sama dengan pongid yang melakukan haji dan umroh.”
( HR. Bukhari-Muslim ).

Pengiriman Produk Obat Kuat Foredi, Tisu Majakani, GASA dan Lady Fem Terbaru Lewat TIKI, JNE, POST Kilat

Tag:

membereskan tempat tidur
tags: , , , ,

Related For Tidur Yang Sehat Ala Rasulullah Nabi nya Umat Islam

Comment For Tidur Yang Sehat Ala Rasulullah Nabi nya Umat Islam

Iklan Sponsor

Feminique Pelangsing Tubuh
Pengiriman Produk Obat Kuat Foredi, Tisu Majakani, GASA dan Lady Fem Terbaru Lewat TIKI, JNE, POST Kilat

Langganan Artikel

http://ipan.web.id/wp-content/uploads/2010/10/langganan-bisnis-marketing-wirausaha.png Masukan E-Mail Anda, Setiap Ada Artikel Baru Akan Terkirim ke E-Mail Anda
Pelanggan Sumber Informasi
http://sumberinformasi.com/wp-content/uploads/2012/04/34kfeedcount.gif

Facebook Sumber Informasi

My Zimbio Agen Foredi Gel - Find me on Bloggers.com
W3 Directory - the World Wide Web Directory DMCA.com